Selasa, 25 Desember 2007

MAILING LIST

Mailing list
Mailing list adalah group diskusi dimana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi didalamnya. kita dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya.
Secara sederhana, Mailing list adalah sebuah daftar alamat alamat email yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Jika seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, terserah kita apakah kita ingin mereply mailnya, mengirim mail baru atau hanya membaca tanpa ikut berdiskusi.
Setiap kali kita atau orang lain mereply sebuah mail, mail tersebut didistribusikan ke setiap mail box masing masing orang yang terdapat di dalam daftar.
Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM'S) atau Mail Servers.
lebih lengkapnya lihat www.student.unpar.ac.id/milis/index.htm


Cara Mendaftar Mailing list
Cara mendaftar bisa lewat web yaitu bila menggunakan mailing list yahoogroups tinggal buka dan mendaftar lewat http://groups.yahoo.com. Misalnya anda ingin tergabung dalam mailing list siswa smansa, bisa buka http://groups.yahoo.com/group/siswa_smansa lantas klik Join. Atau anda bisa lebih dulu mencari mailing list yang ingin dimasuki lewat fasilitas search di http://groups.yahoo.com
Selain lewat web, anda bisa mendaftar mailing list melalui email. Caranya sangat sederhana karena anda hanya perlu mengirim lewat email ke nama mailing list-subscribe@yahoogroups.coma. Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya. Jika nama milis itu adalah siswa smansa maka kirim email ke siswa_smansa-subscribe@yahoogroups.com. Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya
Setelah mendaftar, anda akan menerima email konfirmasi. Cek account email yang anda gunakan untuk pendaftaran. Segera balas email yang berjudul Please Confirm... Segera mungkin anda akan menjadi member mailing list itu.
Untuk lebih lengkapnya lihat www.telkom.net/index.php?option=com_content&task=view&id=632&Itemid=41


Membuka dan Menjawab Milis
1. pada halaman inbox, buka mailing list yang masuk dengan cara meng-klik judul mailing list tsb, ciri email mailing list ilmukomputer adalah judul emailnya diawali dengan Subject:[pertanian] hasil pertanian di indonesia
2. isi email mailing list akan segera tampil pada halaman web
3. untuk membalas email tersebut, kilk ikon Reply
4. selanjutnya akan muncul halaman seperti halaman compose, hanya bedanya pada To, dan Subject sudah ada tulisan, kita tidak perlu merubah kolom tersebut.
5. Ketiklah kata-kata balasannya, kemudian klik Send

Membuat Milis Sendiri
1. Buka URL http:// groups.yahoo.co
2. Setelah Muncul Tampilan Seperti diatas maka Klik “ Sign In “ ini jika anda sudah mempunyai account di Yahoo. Jika tidak maka “ Click here to register “ perintahnya sama ketika kita membuat email di Yahoo.com
3. Jika anda ingin membuat Group Milis sendiri maka klik “ Start a new Group! “ dan pilih kategory milis yang ingin kita buat pada Browse Group Categories, sesuaikan dengan choice yang disediakan. Misal : Programming Languages dstnya........
4. Setelah selesai maka klik
5. Masukkan Group Name
6. Masukkan email anda di Enter Your Group Email Address
7. Isikan Describe dari Milis anda berupa Salam pembuka untuk Milis yang dimaksud.
8. Setelah selesai maka klik Continue untuk masuk ke step berikutnya
9. Isi form di atas dan klik Continue
10.Jika berhasil maka akan ditampilkan nama milis yang telah anda buat. Lalu lanjutkan untuk membuat Konfigurasi Milis anda dengan mengklik “ Customize Group” atau jika ingin standart maka langsung saja ajak rekan2 anda untuk bergabung di Milis anda dengan mengklik “Invite People “ .
Lebih lengkapnya lihat www.agribisnis.deptan.go.id/pranatakomp/data/2005/Pengenalan%20Internet.ppt


Tips
Beberapa tips dalam menggunakan mailing list:
1. Subscribe satu atau dua mailing list terlebih dahulu, kemudian lihat banyaknya mail yang anda terima, setelah itu baru anda subscribe mailing list yang lain.
2. Simpan dan baca instruksi instruksi yang diberikan setelah anda subscribe ke salah satu mailing list.
3. Matikan/unsubscribe mailing list yang anda ikuti pada saat anda sedang berlibur. Dan subscribe kembali setelah anda kembali. Mailing list yang dengan traffic mail yang banyak menimbulkan beratus ratus mail setiap harinya dan akan menumpuknya mail pada mailbox anda sehingga akan mempengaruhi kapasitas penyimpanan pada server.
lebih lengkapnya lihat www.student.unpar.ac.id/milis/index.htm

STEFANI MAHESA JELITA

1 komentar:

Usman Hadi mengatakan...

ne btw ,,, sma mana ya? kok blogx mirip blog gue... nyontek ya??/heee 1000x